Mata
Pelajaran Bahasa Perancis untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah
(MA) Program Pilihan
A.
Latar Belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan
teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan
untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa
asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas
bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa
Prancis, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan
baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni
bersumber dari buku-buku berbahasa Prancis. Selain itu bahasa Prancis merupakan
sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Melalui pembelajaran bahasa Prancis dapat
dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan
untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan
demikian mata pelajaran bahasa Prancis diperlukan untuk pengembangan diri
peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang
cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam
pembangunan nasional.
Sehubungan dengan hal tersebut di
atas, maka standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi
awal (dasar) berbahasa Prancis yang mencakup
empat aspek keterampilan bahasa yang saling terkait, yaitu mendengarkan,
berbicara, membaca, dan menulis. Alokasi waktu yang disediakan adalah 2 jam per
minggu.
Dalam kelas bahasa Prancis peserta
didik dimotivasi untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran
terutama dalam mendalami sejumlah bahan bacaan, baik berupa media cetak maupun
media elektronik. Dengan bekal sejumlah pengetahuan tersebut, mereka dapat
mempelajari budaya lain dan lebih mengenal budayanya sendiri, sehingga mereka
dapat mempelajari suatu konsep dan berpikir secara kritis.
B. Tujuan
Pembelajaran
bahasa Prancis di Indonesia bertujuan agar para peserta didik memiliki
kemampuan dasar
dalam keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis untuk berkomunikasi
secara sederhana.
C. Ruang
Lingkup
Mata Pelajaran Bahasa Prancis
untuk Program Pilihan terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk
melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara,
membaca dan menulis.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau
dialog sederhana tentang Identitas Diri
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam
suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
1.2 Memperoleh Informasi
umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara
lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri
|
2.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai
konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan nyaring yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi
dengan santun dan tepat
|
Membaca
3. Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri
|
3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana
sederhana, secara tepat
3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana
3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis
sederhana dengan tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk
paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri
|
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang
tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis
dalam kalimat sederhana sesuai konteks
yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan
struktur yang tepat
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog
sederhana tentang Kehidupan Sekolah
|
5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan
membedakan secara tepat
5.2 Memperoleh Informasi
umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
|
Berbicara
6. Mengungkapkan informasi sederhana
secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Sekolah
|
6.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai
konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
6.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan nyaring yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi
dengan santun dan tepat
|
Membaca
7. Memahami wacana tulis berbentuk
paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sekolah
|
7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema
wacana sederhana secara tepat
7.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana
7.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana
tertulis sederhana dengan tepat
|
Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sekolah
|
8.1 Menulis kata, frasa, dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat
8.2 Mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam kalimat sederhana
sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan
struktur yang tepat
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau
dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat )
dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
1.2 Memperoleh informasi
umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara
lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga
|
2.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal
yang tepat dan nyaring dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun
dan tepat
2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan nyaring yang
mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
|
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk
paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga
|
3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema
wacana sederhana secara tepat
3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana
3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana
tertulis sederhana dengan tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk
paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga
|
4.1 Menulis kata, frasa, dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan
struktur yang tepat
|
Kelas XI, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau
dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari
|
5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat )
dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
5.2 Memperoleh Informasi
umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
|
Berbicara
6. Mengungkapkan informasi secara
lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari
|
6.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai
konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
6.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan nyaring yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi
dengan santun dan tepat
|
Membaca
7. Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan
Sehari-hari
|
7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema
wacana sederhana secara tepat
7.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana
7.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis
sederhana dengan tepat
|
Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis
dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari
|
8.1 Menulis kata, frasa, dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat
8.2 Mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan
struktur yang tepat
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau
dialog sederhana tentang Hobi
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat )
dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
1.2 Memperoleh Informasi
umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara
lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi
|
2.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dan nyaring
dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa
yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan nyaring yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi
dengan santun dan tepat
|
Membaca
3. Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi
|
3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema
wacana sederhana secara tepat
3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana
3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana
tertulis sederhana dengan tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk
paparan atau dialog sederhana tentang Hobi
|
4.1 Menulis kata, frasa, dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan
struktur yang tepat
|
Kelas XII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata
|
5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat )
dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
5.2 Memperoleh Informasi
umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
|
Berbicara
6. Mengungkapkan informasi
secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata
|
6.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal
yang tepat dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang
mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
6.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan nyaring yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi
dengan santun dan tepat
|
Membaca
7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau
dialog sederhana tentang Wisata
|
7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema
wacana sederhana secara tepat
7.2 Memperoleh informasi
umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
7.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis
sederhana dengan tepat
|
Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
Wisata
|
8.1 Menulis kata, frasa, dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat
8.2 Mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan
struktur yang tepat
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan
kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang
kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan
Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar