Selasa, 21 November 2017

Mata Pelajaran Bahasa Perancis untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) Program Pilihan

         Mata Pelajaran Bahasa Perancis untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) Program Pilihan
A.    Latar Belakang

Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Prancis, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Prancis. Selain itu bahasa Prancis merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.

 

         Melalui pembelajaran bahasa Prancis dapat dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Prancis diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
       
         Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka standar kompetensi dan kompetensi dasar  ini dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi awal (dasar) berbahasa Prancis yang mencakup  empat aspek keterampilan bahasa yang saling terkait, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Alokasi waktu yang disediakan adalah 2 jam per minggu.

         Dalam kelas bahasa Prancis peserta didik dimotivasi untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam mendalami sejumlah bahan bacaan, baik berupa media cetak maupun media elektronik. Dengan bekal sejumlah pengetahuan tersebut, mereka dapat mempelajari budaya lain dan lebih mengenal budayanya sendiri, sehingga mereka dapat mempelajari suatu konsep dan berpikir secara kritis.



   B.     Tujuan


Pembelajaran bahasa Prancis di Indonesia bertujuan agar para peserta didik memiliki kemampuan dasar dalam keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis untuk berkomunikasi secara sederhana.




    C.    Ruang Lingkup

Mata Pelajaran Bahasa Prancis untuk Program Pilihan terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.


D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

     Mendengarkan

1.  Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri


1.1  Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat
1.2  Memperoleh Informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
     Berbicara
2.  Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri




2.1  Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2  Melakukan dialog  sederhana dengan lancar dan nyaring  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
     Membaca
3.  Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri




3.1  Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat
3.2  Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
3.3  Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

     Menulis

4.  Mengungkapkan  informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri


4.1  Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2  Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat




Kelas  X,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

     Mendengarkan

5.  Memahami  wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana  tentang Kehidupan Sekolah



5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat
5.2 Memperoleh Informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
     Berbicara
6.  Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Sekolah


6.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
6.2 Melakukan dialog  sederhana dengan lancar dan nyaring  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
     Membaca
7.  Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sekolah

 

7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
7.2 Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
7.3 Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat
     Menulis
8.  Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sekolah


8.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
8.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat




Kelas  XI,  Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

     Mendengarkan

1.  Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana  tentang Kehidupan Keluarga


1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
     Berbicara
2.  Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga



2.1 Menyampaikan informasi secara lisan  dengan lafal yang tepat  dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog  sederhana dengan lancar dan nyaring yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
     Membaca
3.  Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga

 

3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
3.2 Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
3.3 Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

     Menulis

4.  Mengungkapkan  informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga


4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat






Kelas  XI,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

     Mendengarkan

5.  Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari


5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat
5.2 Memperoleh Informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
     Berbicara
6.  Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari


6.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
6.2 Melakukan dialog  sederhana dengan lancar dan nyaring  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
     Membaca
7.  Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari




7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
7.2 Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
7.3 Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

     Menulis

8.  Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari

8.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
8.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat







Kelas  XII,  Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

     Mendengarkan

1.  Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi


1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat
1.2 Memperoleh Informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
     Berbicara
2.  Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi



2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dan nyaring  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog  sederhana dengan lancar dan nyaring  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
     Membaca
3.  Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi




3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
3.2 Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
3.3 Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

     Menulis

4.  Mengungkapkan  informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi

4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat






Kelas  XII,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

     Mendengarkan

5.  Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata


5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat
5.2 Memperoleh Informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
     Berbicara
6.  Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata




6.1 Menyampaikan informasi secara lisan  dengan lafal yang tepat dan nyaring dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
6.2 Melakukan dialog  sederhana dengan lancar dan nyaring  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
     Membaca
7.  Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata




7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
7.2 Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
7.3 Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

     Menulis

8.  Mengungkapkan  informasi secara tertulis dalam  bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata


8.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
8.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat

E.   Arah Pengembangan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar