Minggu, 16 Desember 2012

Nilai semesteran kelas XI

Berikut ini saya umumkan hasil semesteran kemarin, daftar di urutkan sesuai nilai dari yang tertinggi sampai yang terendah.Nama yang di ketik TEBAL artinya yang bersangkutan TUNTAS. Sedangkan yang di ketik MIRING artinya yang bersangkutan TIDAK TUNTAS.

1. Intan ghin                     1. Lastika Am
2. Reno mei                     2. Meidina Put
3. Pandu                           3. Farah Ann
4. Bayu                            4. Adzani Suc
5. Nanda sor                   5. Dwi Risq
6. Febriany Nat               6. Destyowati

7. Geovvani Fel              7. Indah Epr

8. M. Irfan                       8. Rere Dan
9. Reynaldi                       9. Christine
10. Yasser Res                 10. Deri Priya
11. Deo Ok                      11. S.G.C. Aji
12. Michelle                    12. Adinda Hann
13. Rizky Tr                     13. Hidayatul Al
14. Shandra Noe             14. Juventa Gis
15. Arief Suh                   15 Erwin Gun
16. Willy Gus                   16. Eko Dan
17. Dhanan Kur


Note : Nilai sengaja tidak di tulis untuk menjaga kegalauan hati. kalau ingin mengetahui nilai kamu bisa memintanya lewat koment di bawah. terima kasih. *matur suwun nggih.

Jumat, 14 Desember 2012

Program Teacher Training #copas dr http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.htm

Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2013.


Syarat-syarat :
  1. Lulusan S-1 atau D-4 dan guru yang mengajar secara aktif di SD, SLTP, SLTA (termasuk sekolah swasta dan SMK).
  2. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2013. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, dan perhotelan.
  3. Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2013.
  4. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil)
  5. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang.

Fasilitas yang didapat :
  1. Tanpa ikatan Dinas.
  2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang.
  3. Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah, dan uang pendaftaran.
  4. Tunjangan bulanan sebesar ¥ 150.000 per bulan(ada kemungkinan mengalami perubahan).
  5. Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.

Cara Pelamaran :
  1. Pendaftaran dibuka pada 19 November 2012 dan ditutup pada 25 Januari 2013.
  2. Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
  3. Bagi pelamar yang berstatus pegawai negeri tetap harus melapor dan menyerahkan fotokopi formulir kepada Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN) Departemen Pendidikan Nasional.

Dokumen yang diperlukan (dokumen yang tidak lengkap tidak akan kami terima):
(dokumen yang tidak lengkap tidak akan kami terima)
  1. Formulir.
  2. Pasfoto (harus ditempel pada formulir).
  3. Fotokopi Ijasah dan transkrip nilai.
  4. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, Disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya (beserta cap dari sekolah tersebut).
  5. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar.

  6. * Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau Jepang.(Ukuran kertas A4)

Tahap Penyeleksian :
  1. Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 11 Februari 2013.
  2. Ujian tertulis bahasa Inggris (khusus untuk guru bahasa Jepang: ujian bahasa Jepang) pada tanggal 18 Februari 2013.
  3. Bagi yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta.
  4. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
  5. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa.


Catatan :
  1. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di sini

  2. Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap dikirimkan ke
    Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M. H. Thamrin 24
    Jakarta 10350
    Dan selambat-lambatnya harus tiba tanggal 25 Januari 2013. Mohon Tuliskan kode “Teacher Training 2013” pada amplop formulir.

  3. Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp, atau Telepon 021 – 3192 4308 ext. 175 atau 176

Senin, 10 Desember 2012

Guru : Orang Mulia Yang Menyiapkan Kemuliaan


Pendidikan merupakan sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan suatu bangsa. Guru merupakan pilar utama dalam dunia pendidikan. Untuk itu sangatlah tepat, bahwa Guru merupakan profesi mulia dari orang-orang mulia, yang bertugas menyiapkan kemuliaan peserta didik menjadi generasi masa depan yang lebih mulia.  Sehingga dengan meingkatnya harkat dan martabat bangsa maka akan meningkatkan pula kemuliaan seuatu Bangsa. Oleh karena itu Guru harus mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan profesionalitasnya, mendapatkan perlindungan dan jaminan kesejahteraan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah terus mendorong profesionalitas, perlindungan dan kesejahteraan berkembang lebih baik. Segala upaya untuk meneingkatkan profesionalitas guru telah, sedang dan akan terus dilakukan yaitu Uji kompetensi Awal (UKA), Uji Kompetensi Guru (UKG), Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan (PKB), Pengukuran Kinerja Guru, dan peningkatan kualitas Lembaga Penyelenggaraan Pendidikan Keguruan (LPTK).

Pertanyaan besar yang harus dijawab oleh insan Guru saat ini, apakah peningkatan Kesejahteraan Guru mampu meningkatkan kualitas pendidikan? Secara logika jawaban atas pertanyaan tersebut tentu “IYA”, karena dengan tercukupinya kesejahteraan guru, maka guru tersebut dapat fokus dan mencurahkan waktunya untuk secara professional meningkatkan kemampuan peserta didiknya. Namun sampai saat ini peningkatan kualitas pendidikan tersebut belum terasa secara signifikan. Sehingga masih ada ruang yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari aspek peran Guru.

Setidaknya ada 4 (empat) aspek peningkatan peran guru yaitu :

Pertama, peran kompetensi Guru dalam pemahaman subtansi bahan ajar. Dalam hal tersebut guru harus mampu membimbing dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami bahan Ajar atau learning material. Bahan ajar merupakan materi ajar yang dikemas sebagai bahan untuk disajikan dalam proses pembelajaran yang penyajiannya berupa deskripsi yakni berisi tentang fakta-fakta dan prinsip-prinsip, norma yakni berkaitan dengan aturan, nilai dan sikap, serta seperangkat tindakan/keterampilan motorik. Dengan demikian, bahan ajar pada dasarnya berisi tentang pengetahuan, nilai, sikap, tindakan dan keterampilan yang berisi pesan, informasi, dan ilustrasi berupa fakta, konsep, prinsip, dan proses yang terkait dengan pokok bahasan tertentu yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dari seorang peserta didik.

Kedua, peran kompetensi Guru dalam pemahaman pedagogi. Kompetensi pedagogik berperan menjadikan guru untuk mempunyai kemampuan mengaktualisasikan landasan mengajar, menguasai ilmu mengajar (didaktik metodik), mengenal siswa lebih dalam, menguasai teori motivasi, mengenali lingkungan masyarakat, menguasai penyusunan kurikulum, menguasai teknik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan menguasai pengetahuan evaluasi pembelajaran.

Ketiga, peran kompetensi Guru dalam pemahaman kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian berperan menjadikan guru sebagai pembimbing, panutan, contoh, teladan, bagi peserta didik. Dengan kompetensi kepribadian yang dimilikinya maka guru bukan saja sebagai pendidik dan pengajar tapi juga sebagai tempat siswa dan masyarakat bercermin. Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantoro dalam sistem Amongnya yaitu guru harus “Ing ngarso sungtulodo, Ing madyo mangun karso, Tut Wuri handayani”. Dengan kompetensi kepribadian maka guru akan menjadi contoh dan teladan, membangkitkan motivasi belajar siswa serta mendorong/memberikan motivasi dari belaang. Oleh karena itu seorang guru dituntut melalui sikap dan perbuatan menjadikan dirinya sebagai panutan dan ikutan orang-orang yang dipimpinnya. Guru bukan hanya pengajar, pelatih dan pembimbing, tetapi juga sebagai cermin tempat subjek didik dapat berkaca. Dalam relasi interpersonal antar guru dan siswa tercipta situasi pendidikan yang memungkinkan subjek didik dapat belajar menerapkan nilai-nilai yang menjadi contoh dan member contoh. Guru mampu menjadi orang yang mengerti diri siswa dengan segala problematiknya, guru juga harus mempunyai wibawa sehingga siswa segan terhadapnya. Berdasarkan uraian di atas, maka fungsi kompetensi kepribadian guru adalah memberikan telada dan contoh dalam membimbing, mengembangkan kreativitas dan membangkitkan motivasi belajar.

Keempat, peran kompetensi Guru dalam pemahaman kompetensi sosial. Kompetensi sosial dalam kegiatan belajar ini berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan masyarakat di sekitar sekolah dan masyarakat tempat guru tinggal sehingga peranan dan cara guru berkomunikasi di masyarakat diharapkan memiliki karakteristik tersendiri yang sedikit banyak berbeda dengan orang lain yang bukan guru. Misi yang diemban guru adalah misi kemanusiaan. Mengajar dan mendidik adalah tugas kemanusiaan manusia. Guru harus mempunyai kompetensi sosial karena guru adalah penceramah jaman.

Keempat aspek tersebut yang akan diberi perhatian khusus oleh Kemdikbud dalam rencana implementasi kurikulum 2013. Pendekatan kurikulum 2013 yang akan digunakan adalah pendekatan berbasis sains yaitu mendorong siswa agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (memprestasikan). Obyek yang menjadi pembelajaran adalah fenomena alam, sosial, seni, dan budaya. Dan diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, sehingga mereka semua akan bisa mengantarkan cita-cita bangsa dan Negara Indonesia yang kita Cinta. Insya Allah.

lbh lanjut baca disini: http://dikmen.kemdiknas.go.id/html/index.php?id=berita&kode=222

Sabtu, 08 Desember 2012

coba terjemahkan contoh text ini #11



Bali, the fabled ”island of the Gods”, has been enchanting visitors for centuries with its rich cultural traditions and spectacular panoramas. From lofty, misty enshrouded volcanoes and cool mountain lakes down through terraced rice fields to a golden strand lapped by azure waters, every square inch of Bali offers a fresh and unforgettable image.
No less enchanting are its people, some 2.7 million souls whose artistry and piety are recognized trough out the world. Balinese Hinduism, a complex fusion of Indian cosmology, Tantric Buddhism and home grown mythology, is the primary faith of Bali’s inhabitants, and so deeply woven into the fabric of their daily lives that the line between the spiritual and the material is blurry at best.
The shoppers among you will find Bali a treasure house of handicrafts and fine works of art. The Balinese are incredibly gifted artists and craftsmen, and their material creations are imbued with the same sense of wonderment with which they regard their universe. Stone and woodcarvings, traditional and modern paintings, and intricately designed jewelry in gold and silver are readily available in shops and galleries throughout the island.
As for recreation, there is no shortage of options. Nature walks, horseback riding, diving, surfing, bunny jumping, and white water rafting await the adventurous here.

#menanam b 4 memanen

Hukum alam mengajarkan kepada kita, “Kalau kamu ingin menuai, maka kamu harus menabur lebih dulu”. Artinya, kalau ingin sukses, kita harus bekerja keras dan belajar. Sayangnya banyak orang mau sukses, tapi tidak mau menginvestasikan dirinya.

Tips penting dalam Invest Before You Harvest:
-Belajar dari petani: cari bibit terbaik, ditanam, dirawat, baru ada hasilnya.
-Belajar dari pemancing: harus beri umpan dulu kalau mau dapat ikan, umpan pelet dan makanan burung  untuk mancing ikan mas, kalau mau dapat ikan kakap atau baracuda umpannya harus lebih dari pelet.
-Belajar dari pebisnis: Kalau mau sukses berani keluar uang untuk beli peralatan, iklan, dan membayar karyawan.
-Trade off: menukar kesenangan dan kenyamanan dengan kerja keras, keringat, dan kesulitan.

Yang harus diberanikan untuk invest:
1.Pikiran: How you focus your mind
2.Waktu: How you spend your time
3.Uang: How you spend your money
4. Energi: How you give your effort
5.Prioritas: How you put your goal on the top compare to other agenda

Senin, 27 Februari 2012

4 my english club DK / siple past

We use the past simple to express the idea that an action/event/activity/habit/fact started and finished in the past.  The time is very specific, so it is either mentioned by the speaker, or it is understood by all parties.

There are several types of event that we can describe using simple past tense.
• A completed action in the past.
Example: I called my sister yesterday. He didn’t come last week.
• A series of completed actions - When we combine several verbs in the past simple, the order of the actions is in sequence according to what happens 1st, 2nd, 3rd, and so on. 
Example: I finished work at five, went home, cooked dinner, and slept at nine.
• Duration in the past: We can also use the past simple for a longer activity that happened for a duration in the past. (key words: for 2 years, all day)
Example; She lived in Japan all her childhood. They did not go home for five years.
• Habits in the past: When we use the past simple to describe a habit that stopped in the past, it is the same as using ‘used to’.  (key words: always, often, usually, never)
Example; He always played the guitar. They never attended class.
• Past Facts or Generalization – The facts are no longer true –similar to ‘used to’.
Example; Computers were more expensive back then. People did not travel as much.

There are two types of past simple forms: Regular and Irregular verbs.
Regular verbs: Simply add –d / -ed to the root of the verbs (danced, walked, studied)
Irregular verbs: These do not have a formula –pure memorization.  (brought, did, ate)
To form the negative, we just add ‘did not’ with each type of subject plus the base form of the verb.
I / You / He / She / They / We did not go to school this morning.
Questions: Did + Subject + Base Verb ?
       Did she graduate in 1997?
       Did they move to Paris?

Since the past simple is used with retelling successive events, it is commonly used in storytelling or reporting on past event (trip/experience).  In this case, time adverbs are particularly important to make the story easy to follow.  These words help to explain when things occurred in the past and the sequence of events.
Example: First, Then, Two weeks ago, Next, After, Finally, In 2005, Before that, Last year, and so on.

Sabtu, 25 Februari 2012

aduuuh

Mengapa Perut kita berbunyi ketika lapar??

Suara yang dihasilkan perut ketika sedang kelaparan sebenarnya merupakan bunyi yang berasal dari lambung dan usus. Pada saat kita bernapas, terdapat udara yang tertelan ke dalam perut. Selain itu setelah selesai mencerna makan, usus juga menghasilkan gas.

Saat ini, yakni apabila makanan sudah selesai dicerna, perut masih terus bereaksi dan mengakibatkan otak besar menghasilkan perasaan lapar. gas-gas inilah yang berputar-putar di dalam perut dan mengeluarkan suara krucuk-krucuk!