Kamis, 11 September 2014

Apakah kamu pernah menghadiri suatu presentasi atau seminar yang begitu membosankan ? Saya yakin pasti pernah. Sekuat apa pun usaha kamu untuk menyimak presentasi itu tetapi konsentrasi kamu selalu mudah buyar kembali dan melanglang buana ke tempat lain. Begitu juga dengan peserta seminar yang lain. Banyak yang menopang dagu, berusaha membuka matanya lebar-lebar, atau banyak yang menguap tkamu bosan dan mengantuk. Kalau kamu sebagai presenter-nya tentu kamu tidak ingin ini terjadi pada peserta seminar kamu bukan ? Seperti halnya bacaan tertulis, sebuah presentasi atau pidato pada umumnya adalah berupa kata atau bahasa, di mana otak kiri kamu saja yang lebih aktif bekerja. Hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan kerja kedua belah otak, yang akhirnya menyebabkan otak kanan kamu menyimbangkannya dengan melamun. Belum lagi, sebuah presentasi juga merupakan sebuah penuturan linier yang tidak disukai oleh otak kita dan bahkan sebenarnya melawan cara kerja alami otak kita sendiri. Linier artinya kronologi, atau berdasarkan urutan waktu. Artinya, kamu akan mendengar dan memasukkan informasi ke dalam otak kamu apa yang diucapkan lebih dahulu oleh si presenter daripada yang diucapkannya belakangan. Dengan kata lain, kamu ”dipaksa” untuk menerima urutan tuturan informasi yang disampaikan oleh presenter tersebut, atau dikatakan linier. Hal ini tentu akan menurunkan pemahaman peserta seminarnya, sebab setiap orang mempunyai asosiasi atau pancaran pikiran yang berbeda-beda, sehingga seharusnya diberikan kebebasan untuk ”menyusun kembali” informasi2 tersebut saat masuk ke dalam otaknya. Lalu apa tips-tips manajemen otak untuk membuat sebuah presentasi yang sanggup mempesona peserta seminar kamu ?
 Berikut ini adalah tips-tips singkatnya :
a. Jika presentasi kamu menggunakan pemandu slides, maka ada beberapa tips untuk itu :
* Pergunakan berbagai warna pada kata-kata di slides kamu. Jangan hanya gunakan 1 warna saja. Ini tujuannya untuk mengaktifkan otak kanan kamu
* Gunakan jenis huruf atau font huruf yang berganti-ganti juga setiap beberapa slides, asal masih merupakan kesatuan ide yang sama. Ini tujuannnya untuk ”memecah” kemonotonan yang akhirnya akan menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan kamu juga.
 b. Cantumkan banyak gambar yang berwarna-warni dalam slides kamu. Ini juga bertujuan untuk mengaktifkan otak kanan kamu dan memperkuat pesan yang ingin kamu sampaikan. Gambar membuat otak peserta seminar menjadi semakin aktif untuk berasosiasi, dan bukankah a picture worths a thousand words. c. Gunakan Mind Map saat menyusun materi presentasi dan saat presentasi itu sendiri.
  Mind Map akan membuat ide-ide presentasi kamu terintegrasi secara lebih baik  Demikian juga untuk peserta seminar, Mind Map akan membantu peserta seminar untuk memahami secara lebih baik dan utuh materi presentasi kamu.  Mind Map hanya mencantumkan kata kunci, sehingga memberikan kebebasan kepada kamu untuk berimprovisasi secara terkontrol dalam presentasi kamu  Mind Map membantu daya ingat kamu akan materi presentasi tersebut. d. Imbangi dengan bahasa tubuh atau body language yang sesuai dengan apa yang sedang kamu sampaikan. e. Selalu pertahankan kontak mata atau eye contact dengan peserta seminar kamu untuk menunjukkan bahwa kamu sedang ”berbicara satu per satu” dengan mereka. f. Dan terakhir, Usahakan menggunakan nada suara yang sedikit berirama. Nada suara yang berirama akan mengaktifkan media auditorial peserta seminar kamu, sehingga telinga kamu akan jadi ”melek” dan mampu mendengar lebih baik dan konsentrasi. Jangan monoton dan datar saja, karena itu akan menimbulkan kemonotonan yang hanya akan mengaktifkan otak kiri kamu saja. Selamat mencoba dan Be A World-class Presenter ! Jelas terlihat bahwa dengan adanya Jeda atau Istirahat atau Break, maka setiap sesi-sesi kecil akan membuat Efek Awalan dan Efek Akhiran masing-masing sehingga grafiknya menjadi seperti ombak seperti gambar di atas sebelah kanan. Informasi yang diserap, yaitu luas area di bawah grafik kurva, tentu lebih luas A1+A2+A3 daripada hanya luas A saja. Dengan demikian, informasi yang berhasil diserap justru semakin banyak dengan adanya jeda atau istirahat atau break yang efektif. Oleh sebab itu, hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai supervisor, manajer atau insan organisasi apa saja adalah antara lain sebagai berikut :  Buatlah jadwal jeda atau istirahat secara berkala dan terjadwal dalam rapat, presentasi, seminar atau kegiatan kamu lainnya  Yang terpenting bukan durasi jeda/istirahatnya, tetapi adalah frekuensi jeda/istirahatnya  Buatlah jeda/istirahat yang bervariasi Jeda atau istirahat itu bisa berupa : a. Istirahat seperti biasa b. Ganti topik lain sesaat c. Icebreaking : permainan, kuiz lucu, tebak-tebakan, gerakan, dan sebagainya d. Tidur (jika memungkinkan) e. Dan sebagainya Selamat mencoba !



Senin, 09 Juni 2014

Nilai SMSTR Kls X.2 / KKM 75

Viku Pao               72
Tengku Al              79
Syarifah Kam         64
Setyo Har              65
Slamet Ahmad       66
Rizky                     42
Remasilvina            85
Raisha Apr             87
Putri Janies             89
Nimas Sar              90
Nathalia Din           66
M. Naufal              40
M. Mahesa            46
Maria Anja            88
Ludmilla                83
Holilah                   75
Hendrawan            15
Fadhilah ann           80
Ermi Ir                    34
Baasit Gh               84
Arsyan Far            66
Annisa Yus            82
A. Rio Pane          76
Affan Vig               84
Adnan Tang           76
Adhitya Sat           34

Nilai SMSTR Kls X.1 / KKM 75


A. Kifa               52
Agnes Nur          76
Annisa Faj          77
Aulia Aly            84
B. Lucky Sad     64
Devi Pus            69
Dhea Rah          57
Esa Tau             82
Fabio Akb        61
Falentina Suc    77
Firda Zhaf        83
Firya Sya         76
Fitri Apr           61
Imanuel            87
Ivo Jan             77
Joshua Jac         54
Melinda             65
M. Farhan         52
Nico Mart         51
Ratih Fit            39
Rochmadi         85
Silva Alt           43
Sisca Dev        46
Yandika Gem   50
Yoga Ary         78

Nilai SMSTR kls XI IPA / KKM 75

Ummu Han        61
Taufan Nan        77
Surya Adh         83
Suci Sun            71
Rosi Mek          54
Revinda             82
Regiana Cah      66
Rafidah Rah       98
Radifan Pra       80
Nina Nur          56
M. Togar          92
M. Rofi Roh     65
M. Jibril           79
Maulana Res    77
Maria Nat        68
M. Faqih Au    66
Intan War        77
Hilmi Kam       56
Efdise Dhe       64
Dzulfahmi Ar    58
Dwi Gassani     82
Berryl Fir         76
A. Jaka Is        90
Abbiyu Dwi     80
Abdul Yun       65

Nilai SMSTR kls XI IPS 2 / KKM 75

Yolanda        52
Tias Tih        54
Rizki Tri       45
P.L. Asya     52
Putra HP      60
Pingkan        63
Panji kuk      53
Nurul Far      70
Naufal War   44
Helvia Mag   64
Gerri Al        56
Fiya Fan       55
Febrina sya   65
Fatur Yu       55
Fariz Hid      59
Fajar Mau    24
Desi Wah     58
Debby Clau  76
Daud Put      70
Brigitta Mar  89
Astari Rah    62
Agung Ald    77

NILAI SMSTR KLS XI IPS 1 / KKM: 75


                                         Luthfi                        84
Aries sulaeman          77
Bagas Satria Dewa     70
Bella Hikmatul Rizky   68
Cantika Maura P P     70
Clara Violina               42
Fatma Cahya K          73
Hilastia Dwi               36
I Nyoman                 32
I Gede Ivan D           72
Irfan Fathur               62
Ivendra Arnes          71
Karina Rizky           62
Kemal Yusuf            70
Lingga Dara             55
Maftuh Hasabi         89
Mochamad Shiva        65
M. Audy Putra            79
Piyo Bagus E              41
Putri Sekar M             82
Rahayu Okta              47
Ria Avrianita              72

Jumat, 06 Juni 2014

TUGAS TUTORIAL 2

TUGAS TUTORIAL  2

 
      A.  P G
                       1. Mr. Alex arrives …. A quarter past ten and departs …. Half past eleven.
a.       In – in
b.      On – at
c.       At – at
d.      On – on

2. “Mrs. Hamidah has been writing for three hours”. The negative form of this sentence is …
a.       She has not been writing for three hours
b.      She has been not reading for three hours
c.       She has been reading not for three hours
d.      She not has been reading for three hours

3. Have you got …. Potatoes?
a.       Many
b.      Any
c.       Much
d.      Some

4.Which one is a countable noun?
a.       Butter
b.      Sand
c.       Air
d.      Bottle

5. Candra  : … … …
          Susi       : I’d like egg salad and cheese pizza
a.       Do you like to eat?
b.      Would you like to eat?
c.       May I know you want to eat?
d.      What would you like to eat?

 B. ESSAY
1. Tulislah dalam bahasa Inggris !
·         6293
·         09.30
·         02.15
·         08.53
2.      Buatlah 1 kalimat dalam bentuk :
- Present continuous tense (+) (-) (?)
- Present perfect tense       (+) (-) (?)
- Present perfect continuous tense   (+) (-) (?)
3.       Jelaskan Degree Of Comparison dan berilah contohnya !
4.  Buatlah percakapan di mana Anda sedang melakukan kegiatan berbelanja di pasar tradisional. Gunakanlah ungkapan-ungkapan yang biasanya dipakai dalam kegiatan berbelanja !
Jelaskan perbedaan antara ‘Some’ dan ‘ANY'
Note: Pukul 17.00 - 21.00 WIB File ini Off