Apakah kamu pernah menghadiri suatu presentasi atau seminar yang begitu membosankan ? Saya yakin pasti pernah. Sekuat apa pun usaha kamu untuk menyimak presentasi itu tetapi konsentrasi kamu selalu mudah buyar kembali dan melanglang buana ke tempat lain. Begitu juga dengan peserta seminar yang lain. Banyak yang menopang dagu, berusaha membuka matanya lebar-lebar, atau banyak yang menguap tkamu bosan dan mengantuk. Kalau kamu sebagai presenter-nya tentu kamu tidak ingin ini terjadi pada peserta seminar kamu bukan ? Seperti halnya bacaan tertulis, sebuah presentasi atau pidato pada umumnya adalah berupa kata atau bahasa, di mana otak kiri kamu saja yang lebih aktif bekerja. Hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan kerja kedua belah otak, yang akhirnya menyebabkan otak kanan kamu menyimbangkannya dengan melamun. Belum lagi, sebuah presentasi juga merupakan sebuah penuturan linier yang tidak disukai oleh otak kita dan bahkan sebenarnya melawan cara kerja alami otak kita sendiri. Linier artinya kronologi, atau berdasarkan urutan waktu. Artinya, kamu akan mendengar dan memasukkan informasi ke dalam otak kamu apa yang diucapkan lebih dahulu oleh si presenter daripada yang diucapkannya belakangan. Dengan kata lain, kamu ”dipaksa” untuk menerima urutan tuturan informasi yang disampaikan oleh presenter tersebut, atau dikatakan linier. Hal ini tentu akan menurunkan pemahaman peserta seminarnya, sebab setiap orang mempunyai asosiasi atau pancaran pikiran yang berbeda-beda, sehingga seharusnya diberikan kebebasan untuk ”menyusun kembali” informasi2 tersebut saat masuk ke dalam otaknya. Lalu apa tips-tips manajemen otak untuk membuat sebuah presentasi yang sanggup mempesona peserta seminar kamu ?
Berikut ini adalah tips-tips singkatnya :
a. Jika presentasi kamu menggunakan pemandu slides, maka ada beberapa tips untuk itu :
* Pergunakan berbagai warna pada kata-kata di slides kamu. Jangan hanya gunakan 1 warna saja. Ini tujuannya untuk mengaktifkan otak kanan kamu
* Gunakan jenis huruf atau font huruf yang berganti-ganti juga setiap beberapa slides, asal masih merupakan kesatuan ide yang sama. Ini tujuannnya untuk ”memecah” kemonotonan yang akhirnya akan menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan kamu juga.
b. Cantumkan banyak gambar yang berwarna-warni dalam slides kamu. Ini juga bertujuan untuk mengaktifkan otak kanan kamu dan memperkuat pesan yang ingin kamu sampaikan. Gambar membuat otak peserta seminar menjadi semakin aktif untuk berasosiasi, dan bukankah a picture worths a thousand words. c. Gunakan Mind Map saat menyusun materi presentasi dan saat presentasi itu sendiri.
Mind Map akan membuat ide-ide presentasi kamu terintegrasi secara lebih baik Demikian juga untuk peserta seminar, Mind Map akan membantu peserta seminar untuk memahami secara lebih baik dan utuh materi presentasi kamu. Mind Map hanya mencantumkan kata kunci, sehingga memberikan kebebasan kepada kamu untuk berimprovisasi secara terkontrol dalam presentasi kamu Mind Map membantu daya ingat kamu akan materi presentasi tersebut. d. Imbangi dengan bahasa tubuh atau body language yang sesuai dengan apa yang sedang kamu sampaikan. e. Selalu pertahankan kontak mata atau eye contact dengan peserta seminar kamu untuk menunjukkan bahwa kamu sedang ”berbicara satu per satu” dengan mereka. f. Dan terakhir, Usahakan menggunakan nada suara yang sedikit berirama. Nada suara yang berirama akan mengaktifkan media auditorial peserta seminar kamu, sehingga telinga kamu akan jadi ”melek” dan mampu mendengar lebih baik dan konsentrasi. Jangan monoton dan datar saja, karena itu akan menimbulkan kemonotonan yang hanya akan mengaktifkan otak kiri kamu saja. Selamat mencoba dan Be A World-class Presenter ! Jelas terlihat bahwa dengan adanya Jeda atau Istirahat atau Break, maka setiap sesi-sesi kecil akan membuat Efek Awalan dan Efek Akhiran masing-masing sehingga grafiknya menjadi seperti ombak seperti gambar di atas sebelah kanan. Informasi yang diserap, yaitu luas area di bawah grafik kurva, tentu lebih luas A1+A2+A3 daripada hanya luas A saja. Dengan demikian, informasi yang berhasil diserap justru semakin banyak dengan adanya jeda atau istirahat atau break yang efektif. Oleh sebab itu, hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai supervisor, manajer atau insan organisasi apa saja adalah antara lain sebagai berikut : Buatlah jadwal jeda atau istirahat secara berkala dan terjadwal dalam rapat, presentasi, seminar atau kegiatan kamu lainnya Yang terpenting bukan durasi jeda/istirahatnya, tetapi adalah frekuensi jeda/istirahatnya Buatlah jeda/istirahat yang bervariasi Jeda atau istirahat itu bisa berupa : a. Istirahat seperti biasa b. Ganti topik lain sesaat c. Icebreaking : permainan, kuiz lucu, tebak-tebakan, gerakan, dan sebagainya d. Tidur (jika memungkinkan) e. Dan sebagainya Selamat mencoba !
Kamis, 11 September 2014
Senin, 09 Juni 2014
Nilai SMSTR Kls X.2 / KKM 75
Viku Pao 72
Tengku Al 79
Syarifah Kam 64
Setyo Har 65
Slamet Ahmad 66
Rizky 42
Remasilvina 85
Raisha Apr 87
Putri Janies 89
Nimas Sar 90
Nathalia Din 66
M. Naufal 40
M. Mahesa 46
Maria Anja 88
Ludmilla 83
Holilah 75
Hendrawan 15
Fadhilah ann 80
Ermi Ir 34
Baasit Gh 84
Arsyan Far 66
Annisa Yus 82
A. Rio Pane 76
Affan Vig 84
Adnan Tang 76
Adhitya Sat 34
Tengku Al 79
Syarifah Kam 64
Setyo Har 65
Slamet Ahmad 66
Rizky 42
Remasilvina 85
Raisha Apr 87
Putri Janies 89
Nimas Sar 90
Nathalia Din 66
M. Naufal 40
M. Mahesa 46
Maria Anja 88
Ludmilla 83
Holilah 75
Hendrawan 15
Fadhilah ann 80
Ermi Ir 34
Baasit Gh 84
Arsyan Far 66
Annisa Yus 82
A. Rio Pane 76
Affan Vig 84
Adnan Tang 76
Adhitya Sat 34
Nilai SMSTR Kls X.1 / KKM 75
A. Kifa 52
Agnes Nur 76
Annisa Faj 77
Aulia Aly 84
B. Lucky Sad 64
Devi Pus 69
Dhea Rah 57
Esa Tau 82
Fabio Akb 61
Falentina Suc 77
Firda Zhaf 83
Firya Sya 76
Fitri Apr 61
Imanuel 87
Ivo Jan 77
Joshua Jac 54
Melinda 65
M. Farhan 52
Nico Mart 51
Ratih Fit 39
Rochmadi 85
Silva Alt 43
Sisca Dev 46
Yandika Gem 50
Yoga Ary 78
Nilai SMSTR kls XI IPA / KKM 75
Ummu Han 61
Taufan Nan 77
Surya Adh 83
Suci Sun 71
Rosi Mek 54
Revinda 82
Regiana Cah 66
Rafidah Rah 98
Radifan Pra 80
Nina Nur 56
M. Togar 92
M. Rofi Roh 65
M. Jibril 79
Maulana Res 77
Maria Nat 68
M. Faqih Au 66
Intan War 77
Hilmi Kam 56
Efdise Dhe 64
Dzulfahmi Ar 58
Dwi Gassani 82
Berryl Fir 76
A. Jaka Is 90
Abbiyu Dwi 80
Abdul Yun 65
Taufan Nan 77
Surya Adh 83
Suci Sun 71
Rosi Mek 54
Revinda 82
Regiana Cah 66
Rafidah Rah 98
Radifan Pra 80
Nina Nur 56
M. Togar 92
M. Rofi Roh 65
M. Jibril 79
Maulana Res 77
Maria Nat 68
M. Faqih Au 66
Intan War 77
Hilmi Kam 56
Efdise Dhe 64
Dzulfahmi Ar 58
Dwi Gassani 82
Berryl Fir 76
A. Jaka Is 90
Abbiyu Dwi 80
Abdul Yun 65
Nilai SMSTR kls XI IPS 2 / KKM 75
Yolanda 52
Tias Tih 54
Rizki Tri 45
P.L. Asya 52
Putra HP 60
Pingkan 63
Panji kuk 53
Nurul Far 70
Naufal War 44
Helvia Mag 64
Gerri Al 56
Fiya Fan 55
Febrina sya 65
Fatur Yu 55
Fariz Hid 59
Fajar Mau 24
Desi Wah 58
Debby Clau 76
Daud Put 70
Brigitta Mar 89
Astari Rah 62
Agung Ald 77
Tias Tih 54
Rizki Tri 45
P.L. Asya 52
Putra HP 60
Pingkan 63
Panji kuk 53
Nurul Far 70
Naufal War 44
Helvia Mag 64
Gerri Al 56
Fiya Fan 55
Febrina sya 65
Fatur Yu 55
Fariz Hid 59
Fajar Mau 24
Desi Wah 58
Debby Clau 76
Daud Put 70
Brigitta Mar 89
Astari Rah 62
Agung Ald 77
NILAI SMSTR KLS XI IPS 1 / KKM: 75
Luthfi 84 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Aries sulaeman 77 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bagas Satria Dewa 70 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bella Hikmatul Rizky 68 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Cantika Maura P P 70 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Clara Violina 42 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Fatma Cahya K 73 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hilastia Dwi 36 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I Nyoman 32 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I Gede Ivan D 72 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Irfan Fathur 62 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ivendra Arnes 71 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Karina Rizky 62 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kemal Yusuf 70 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lingga Dara 55 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Maftuh Hasabi 89 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mochamad Shiva 65 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M. Audy Putra 79 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Piyo Bagus E 41 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Putri Sekar M 82 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Rahayu Okta 47 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ria Avrianita 72 |
Jumat, 06 Juni 2014
TUGAS TUTORIAL 2
TUGAS
TUTORIAL 2
A. P G
1.
Mr. Alex arrives …. A quarter past ten and departs …. Half past eleven.
a.
In –
in
b.
On –
at
c.
At –
at
d.
On – on
2. “Mrs. Hamidah has been writing for three hours”. The negative form of
this sentence is …
a.
She
has not been writing for three hours
b.
She
has been not reading for three hours
c.
She
has been reading not for three hours
d.
She
not has been reading for three hours
3. Have you got …. Potatoes?
a.
Many
b.
Any
c.
Much
d.
Some
4.Which one is a countable noun?
a.
Butter
b.
Sand
c.
Air
d.
Bottle
5. Candra : … … …
Susi
: I’d like egg salad and cheese pizza
a.
Do
you like to eat?
b.
Would
you like to eat?
c.
May I
know you want to eat?
d.
What
would you like to eat?
B. ESSAY

·
6293
·
09.30
·
02.15
·
08.53
2. Buatlah 1 kalimat dalam bentuk :
- Present continuous
tense (+) (-) (?)
- Present
perfect tense (+) (-) (?)
- Present
perfect continuous tense (+) (-) (?)
3. Jelaskan
Degree Of Comparison dan berilah contohnya !
4. Buatlah
percakapan di mana Anda sedang melakukan kegiatan berbelanja di pasar
tradisional. Gunakanlah ungkapan-ungkapan yang biasanya dipakai dalam kegiatan
berbelanja !
Jelaskan
perbedaan antara ‘Some’ dan ‘ANY'
Note: Pukul 17.00 - 21.00 WIB File ini Off
Langganan:
Postingan (Atom)