1.Perhatikan scenario
soal berikut ini!
Pak Narto mengajar di kelas 6 di sebuah SD di kabupaten
Wonosobo. Saat itu ia harus mengikuti
kegiatan pelatihan menulis kreatif hasil kerja sama Dinas Pendidikan
setempat dengan sebuah media cetak local
di Jawa Tengah. Saat pelatihan, narasumber menjelaskan bahwa untuk menulis
diperlukan latihan secara terus-menerus. Saat berlatih membuat tulisan, ia
selalu merasa apa yang ditulisnya tidak runtut. Hasil tulisan tersebut belum
informative padahal ia sudah menyusun kerangka tulisan yang telah dinyatakan
layak oleh narasumber. Karena kondisi yang demikian ia mencoba kembali dan ia
berkonsultasi terlebih dahulu ditahap penulisan sesuai kerangka yang dirancang.
Pertanyaan
Apakah konsentrasi Pak Narto yang tertuju pada penyusunan
pengembangan kerangka tulisan dapat dibenarkan? Jelaskan jawaban anda dengan
mengaitkannya dengan menulis sebagai
proses, yakni tahap-tahap penulisan lainnya.
2. Perhatikan scenario soal berikut ini !
Berikut ini ditampilkan penggalan paragraph yang tidak
runtut dan jika diurutkan kembali akan menjadi padu dan komprehensif. Setiap
kalimat dan paragraph tersebut juga mengandung satu kesalahan ejaan dan tanda
baca. Untuk lebih jelasnya simak paragraph berikut.
1.
Ketua Asosiasi
Galeri Seni Rupa Indonesia dan pemilik Edwin’s Gallery, Edwin Raharjo,
menyayangkan adanya pamer ulang banyak karya-karya dalam ajang ini.
2.
Namun, repetisi itu tentu memengaruhi citra Bazar Art Jakarta 2011 dimata dunia seni
rupa Internasional.
3.
Memamerkan ulang sebuah karya dalam tempo yang
saling berdekat-dekatan tidaklah salah.
4.
Bazaar Art
yang lebih cair dan rileks adalah merupakan alternative terhadap biennale yang ketat dan ‘angker’.
5.
Bazaar Art
Jakarta seharusnya tidak sekedar menjadi pasar transaksi karya seni Rupa
Indonesia, tetapi juga menjadi panggung wacana seni rupa.
Pertanyaan
a.
Urutkan paragraph dalam soal hingga menjadi
paragraph yang padu dan komprehensif. Ketika mengurutkan Anda cukup menuliskan
nomor saja dan tidak perlu menyalin kembali seluruh kalimat yang ada!
b.
Dalam setiap kalimat, terdapat 1 kesalahan yang
disebabkan kesalahan penggunaan kalimat efektif atau karena kesalahan
ejaan/tanda baca, silahkan Anda temukan bagian yang salah dan tulis pula
pembetulannya!
3. Perhatikan ilustrasi soal berikut ini !
Anda diumpamakan menjadi seorang Guru di SD Negeri Iser 5, kecamatan
Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Suatu ketika Anda diminta
Kepala Sekolah membuat draf surat tugas untuk salah seorang guru bernama Ida
Rausah, S.Pd, SD. Yang akan mengikuti penataran inovasi pembelajaran
berbasis SETS di aula Dinas Pendidikan setempat. Draf surat tugas tersebut
juga harus menerangkan bahwa Ida Rausah, Sp., SD. Yang dilahirkan di
pekalongan, 22 Januari 1979, yang ber-NIP 19790122 199903 2 003 dan
memiliki pangkat Penata Muda dengan golongan IIIa telah mengajar
selama 6 tahun. Surat tersebut dibuat pada tanggal 1 Agustus 2011. Kepala
sekolah yang menandatangani adalah Munadi, S.Pd, SD., NIP 19570312 198703 1
001.
Pertanyaan
Buatlah draf surat tugas tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat
tugas yang benar. Seluruh isi surat, nama, identitas, dan lain-lain harus
mengacu pada ilustrasi soal.
4. Perhatikan perintah soal berikut ini!
Buatlah wacana sederhana (sekitar 300 kata) dengan ketentuan sebagai
berikut.
1). Topic/tema yang harus Anda kembangkan adalah Keruetan Jalan Raya di
Pagi Hari, atau acara Tahun Baru, atau perlombaan dalam Rangka
Ulang Tahun Kemerdekaan (pilih salah satu).
2). Judul tulisan Anda bebas tetapi harus merujuk pada topic/tema yang
dipilih.
3. tulisan yang Anda kembangkan harus runtut, padu, komprehensif, dan
berjenis deskripsi.
4).
Anda pun harus memerhatikan kaidah penggunaan ejaan yang disempurnakan serta
penggunaan tanda baca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar