Jumat, 17 Maret 2017

kisi kisi us dk sabtu besok

Mohon perhatian
kisi 2 ini  akan di off kan  hari jumat 17 mar'17 selepas jam 00:00  . terrima kasih



KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN 2016-2017


KURIKULUM      : Irisan Kurikulum 2013 dan 2006                         BENTUK SOAL :  PILIHAN GANDA
PROGRAM         : IPA/IPS/BAHASA                                                    ALOKASI WAKTU  :  120 MENIT
MATA PELAJARAN: BAHASA INGGRIS                                               PENULIS                  :  Dede Budianto, S.Pd
                                                                                                                                                                                               
No
Kompetensi Dasar
Kelas /Semester       
Materi
Indikator
No. Soal
1
3.2 Menganalisis Fungsi Sosial, struktur teks, dan unsure Kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
X / I
Dialog Lengkap/ungkapan memuji bersayap (extended), serta responya informasi tertentu
Diperdengarkan sebuah percakapan sederhana yang mengandung ungkapan bersayap (extended) serta responya peserta didik dapat menentukan informasi tertentu  dari percakapan tersebut.
 1
2
3.3 Menganalisis Fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya
X/I
Dialog lengkap/ungkapan perhatian (care), serta responnya informasi rinci
Diperdengarkan sebuah percakapan sederhana yang mengandung ungkapan perhatian (care), serta responnya, peserta didik dapat menentukan informasi rinci dari isi percakapan tersebut
2
3
3.5 Menganalisis fungsi social struktur teks, dan unsure kebahasaan dari ungkapan selamat bersayap (extended), serta responya, sesuai dengan konteks penggunaanya.
X/I
Dialog lengkap/ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) Gambaran umum
Diperdengarkan sebuah percakapan sederhana yang mengandung ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari isi percakapan tersebut

3

3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya, sesuaidengan konteks penggunaannya.

XII/1
Dialog lengkap/ungkapan meminta perhatian bersayap (extended) Informasi tersirat
Diperdengarkan sebuah percakapan sederhana yang mengandung ungkapan  meminta perhatian bersayap (extended , peserta didik dapat menentukan informasi tersirat dari isi percakapan tersebut.
4

3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
XI/1
Dialog rumpang/ungkapanmemberi saran dan tawaran, serta responnya
Diperdengarkan sebuah percakapan yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan ungkapan memberi saran.
5

3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
XI/1
Dialog rumpang/ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya
Diperdengarkan sebuah percakapan yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan ungkapan memberi harapan.
6

3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
XII/1
Dialog rumpang/ungkapan menawarkan jasa, serta responnya
Diperdengarkan sebuah percakapan yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan ungkapan respon dari tawaran jasa.
7

3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
X/2
Monolog/Teks deskriptif tentang bangunan bersejarah       Menentukan gambar
Diperdengarkan sebuah monolog tentang deskripsi  bangunan  bersejarah dan beberapa gambar, peserta didik  dapat menentukan gambar yang sesuai dengan bangunan yang dideskripsikan.
8

3.9 Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
X/2
Monolog/teks factual report tentang benda elektronik       Menentukan gambar
Diperdengarkan sebuah monolog tentang deskripsi  sebuah benda elektronik dan beberapa gambar, peserta didik  dapat menentukan gambar yang sesuai dengan benda yang dideskripsikan.
9
XI/2
Monolog/teks factual report tentang orang Menentukan gambar
Diperdengarkan sebuah monolog tentang deskripsi tentang seseorang dan beberapa gambar, peserta didik  dapat menentukan gambar yang sesuai dengan orang yang dideskripsikan.
10

Monolog/teks factual report tentang orang Menentukan gambar
Diperdengarkan sebuah monolog sederhana yang lengkap tentang suku pedalaman (tribe), peserta didik dapat menentukan gambar yang tepat sesuai dengan isi monolog.
11

3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
X/2
Monolog/teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat    Gambaran umum, informasi rinci
Diperdengarkan sebuah monolog tentang naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari isi monolog tersebut
12
Diperdengarkan sebuah monolog tentang naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang terdapat pada monolog tersebut
13

3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
XII/2
Monolog/teks news item berbentuk berita sederhana dari radio. Gambaran umum, informasi tertentu
Diperdengarkan sebuah monolog tentang teks news item berbentuk berita sederhana dari radio. , peserta didik dapat menentukan  gambaran umum dari berita tersebut.
14
Diperdengarkan sebuah monolog tentang teks news item berbentuk berita sederhana dari radio, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu dari berita tersebut.
15

4.11. Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
X/1
Teks tulis berbentuk announcement Gamabaran umum, informasi tertentu
Diberikan teks tulis berbentuk annoucement (pemberitahuan), peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari isi teks tersebut.
16
Diberikan teks tulis berbentuk annoucement (pemberitahuan), peserta didik dapat menemukan informasi tertentu dari isi teks tersebut.
17

3.1    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari surat resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
XI/1
Surat (Formal Letter) Tujuan komunikasi, informasi rinci
Diberikan teks tulis berbentuk surat pribadi sederhana, peserta didik dapat menentukan tujuan komunikatif dari isi teks tersebut.
18
Diberikan teks tulis berbentuk surat pribadi sederhana, peserta didik dapat menentukan informasi rinci dari isi teks tersebut.
19

3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
X/2
Teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal               Gambaran umum, informasi rinci, makna kata
Diberikan teks tulis tentang biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari isi teks tersebut.
20
Diberikan teks tulis tentang biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, peserta didik dapat menemukan informasi rinci dari  teks tersebut.
21
Diberikan kutipan kalimat  yang diambil dari teks tulis tentang biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal , peserta didik dapat menentukan makna kata dari kata yang digarisbawahi.
22

3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya.
XI/2
teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)  Gambaran umum, informasi tertentu, rujukan kata.
Disajikan sebuah teks berbentuk procedure, peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari bacaan..
23


Disajikan sebuah teks berbentuk procedure, peserta didik dapat menentukan rujukan kata dari kata atau frase dalam bacaan.
24

3.9. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks penggunaannya.
X/1
Teks recount tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa.  Informasi rinci, pikiran utama, informasi tersirat
Disajikan sebuah teks berbentuk recount, peserta didik dapat menentukan informasi rinci dari bacaan.
25


Disajikan sebuah teks berbentuk recount, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat dari bacaan.
26











3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks ilmiah berbentuk factual report, sesuai dengan konteks pembelajaran di mata pelajaran lain di Kelas XII.

Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.           Gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci, informasi tersirat
Disajikan sebuah teks berbentuk factual report, peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari bacaan.
27




Disajikan sebuah teks berbentuk factual report, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat dari bacaan.

28

3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
XI/2





Disajikan sebuah teks berbentuk analytical exposition peserta didik dapat menentukan makna kata dari salah satu kata dari bacaan.
29

3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya
XI/2
Teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).        Gambaran umum, informasi tertentu, pikiran utama, informasi rinci.
Disajikan sebuah teks berbentuk news item peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari bacaan.
30
Disajikan sebuah teks berbentuk news item peserta didik dapat menentukan informasi tertentu dari bacaan.
31
Disajikan sebuah teks berbentuk news item peserta didik dapat menentukan pikiran utama salah satu paragraf dari bacaan.
32



3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks yang menyatakan fakta dan pendapat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
XII/1
Teks untuk menyatakan dan menanyakan  fakta dan pendapat (DISCUSSION)     Informasi rinci, pikiran utama
Disajikan sebuah teks berbentuk discussion peserta didik dapat menentukan informasi rinci dari bacaan.
33
Disajikan sebuah teks berbentuk discussion peserta didik dapat menentukan informasi rinci dari bacaan.
34
Disajikan sebuah teks berbentuk discussion peserta didik dapat menentukan pikiran utama salah satu paragraf dari bacaan.
35

4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).

Teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)
Disajikan 5 atau 6 kalimat secara acak, peserta didik dapat menyusunnya menjadi teks berbentuk procedure yang benar
36

4.13. Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.

Teks recount tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa.   Jumbled sentences.
Disajikan 5 atau 6 kalimat secara acak, peserta didik dapat menyusunnya menjadi teks berbentuk recount yang benar.
37

4.13. Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.
X/1
Teks recount tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa.     Cloze test
Disajikan sebuah teks rumpang berbentuk recount, peserta didik dapat melengkapinya dengan kosakata yang tepat. (noun/verb/adjective/adverb)
38
Disajikan sebuah teks rumpang berbentuk recount, peserta didik dapat melengkapinya dengan kosakata yang tepat. (noun/verb/adjective/adverb)
39
Disajikan sebuah teks rumpang berbentuk recount, peserta didik dapat melengkapinya dengan kosakata yang tepat. (noun/verb/adjective/adverb)
40

 essay.
 di sajikan sebuah text narrative . 1. pelajari 
                                                         2. pelajari teori text
                                                          3.   menanggapi isi text bacaan (apology Letter)
                                                         4. menanggapi isi text bacaan
                                                          5, analisa isi teks bacaan




Minggu, 05 Maret 2017

pertanyaan dan jawaban interview kerja


 Beberapa pertanyaan yang umumnya dipakai dalam wawancara Bahasa Inggris, antara lain :
  • What is your name? (Siapa Nama Anda )?
  • Please introduce yourself to me (Perkenalkan diri Anda kepada saya)
  • Which university did you graduate from? (Anda lulusan dari universitas mana)?
  • Do you have any job experience? (Apakah Anda memiliki pengalaman kerja)?
  • How long did you work there for ? (Berapa lama Anda bekerja disana)?
  • What is your motivation applying here? (Apa motivasi Anda melamar kesini)?
  • Please tell me your strength and your weakness! (Tolong katakan pada saya kelebihan dan kekurangan Anda)
  • What do you think of this company? (Menurut Anda bagaimana perusahaan ini)?
  • Do you have any strategies developing this company? (Apakah Anda punya strategi untuk mengembangkan perusahaan ini)?
  • Do you have other skill that will support your work? (Apakah Anda punya kelebihan lain untuk membantu pekerjaan Anda)?
  • Do you have experiences in the same field? (Apakah Anda memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama)?
  • How interested are you in this job? (Seberapa tertarik Anda path pekerjaan ini)?, etc.
Kebanyakan pertanyaan dalam sebuah wawancara mengarah ke kepribadian, mengapa demikian? Karena pewawancara ingin mengetahui seberapa jauh talon pekerja tersebut, apakah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau tidak. Dan juga seberapa besar motivasinya untuk bekerja di perusahaan tersebut.

1. Tell Me About Your Self! (Ceritakan tentang diri Anda!)
Inilah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh pewawancara pertama kali saat tes wawancara. Demikian halnya dalam Bahasa Inggris, hal ini sangat umum ditanyakan untuk mengetahui performance pertama kali peserta terutarna dalam kosa katanya menggunakan Bahasa Inggris.

Ketika Anda diberikan pertanyaan ini, maka jawablah dengan secara umum. Interviewer tidak ingin Anda menceritakan keseluruhan jalan hidup Anda. Namun, jelaskan siapa nama Anda, Anda lulusan bidang apa, posisi Anda dimana, dan apa keunggulan Anda dibandingkan yang lain.
I am Sinta. I am 22 years old. I was born in Yogyakarta but I grew up in Semarang. I graduated from University of Indonesia majoring in Management.
Saya Sinta. Umur saya 22 tahun. Saya lahir di Yogyakarta tapi besar di Semarang. Saya lulusan dari Universitas Indonesia jurusan Manajemen.

Hello sir, my name is Raditya Prambudi, I am a fresh graduate at English department of Indonesian University. Even though a fresh graduate, I have experiences as private teacher for 3 years, lecture assistant for about 2 years, and a leader of the biggest English club in my University. l am also an Internet Marketing expert so it is quite useful for your product selling.
Halo Pak, nama saya Raditya Prambudi, saya seorang yang baru saja lulus di jurusan Bahasa Inggris Universitas Indonesia. Meskipun baru lulus, saya memiliki pengalaman sebagai guru privat selama 3 tahun, Asisten Dosen selama 2 tahun, dan pemimpin klub Inggris terbesar di Universitas saya. Saya juga seorang ahli Internet Marketing sehingga cukup berguna untuk menjual produk Anda.

Jika kamu belum mempunyai pengalaman apapun kamu arahkan jawabanmu ke syarat-syarat yang ditentukan oleh perusahaan untuk kualifikasi yang kamu inginkan. Usahakan jawabnmu benar•benar menunjukkan ketertarikanmu pada bidang tersebut. Misalnya, kualifikasi tersebut membutuhkan seorang teknisi listrik.
Kamu bisa menjawab seperti ini :
I have learned about electricity and most of things related to it since I was in Junior High School. I like learning about this subject because it is so challenging. I have made some experiments. I am a very good learner and would like to learn more about this subject from books or from more experienced electricians.
Saya telah belajar tentang listrik dan sebagian besar hal­ hal yang berkaitan dengan itu sejak masih di SMP. Saya suka belajar tentang subjek ini karena sangat menantang. Saya telah membuat beberapa percobaan. Saya seorang pelajar yang sangat baik dan ingin mempelajari lebih Ianjut tentang subjek ini dari buku atau dari teknisi listrik berpengalaman.

Jawaban ini akan membuat Anda berbeda dengan kandidat yang lain. Pewawancara akan mengingat anda tentang bagaimana anda termotivasi untuk masuk pada kualifikasi yang dibutuhkan dan mengetahui seberapa besar usaha anda untuk mencapainya. Anda harus menunjukkan apa yang menjadi hal yang paling baik dari diri Anda.

2. What About This Job Interests You? (Bagaimana pekerjaan ini membuat Anda tertarik?)
Interviewer ingin mendengarkan jawaban Anda menge­nai kenapa Anda tertarik terhadap pekerjaan ini Jawab dengan kalimat yang singkat dan jelas. Sekedar tips, disarankan bagi Anda untuk memberikan keyakinan bahwa Anda tertarik karena mempunyai pengalaman yang mumpuni dan kemampuan tambahan yang tidak kalah bagus. Sejatinya, interviewer ingin menguji seberapa pantasAnda untuk bergabung dengan mereka.

Your company is one of my top choices and I come here because my experiences and interests are quite useful for this educational institution. I can teach the students and I can also handle the task of marketing by internet. As I told before that Internet marketing is one of my expertise.
Perusahaan Anda adalah salah satu pilihan teratas saya dan saya datang ke sini karena pengalaman dan minat saya sangat berguna untuk institusi pendidikan ini. Saya bisa mengajar siswa dan saya juga dapat menangani tugas pemasaran dengan internet. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa pemasaran Internet adalah salah satu keahlian saya.

3. What Do You Know About Our Company? (Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?)
Pewawancara ingin mengetahui seberapa jauh kamu telah mengenal tentang perusahannya. Anda dapat menjawabnya dengan mencari tahu dari referensi yang tersedia, seperti teman, koran, majalah, website perusahaan, atau orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.
Your company is one of the biggest in Indonesia. It could doubled its revenue last year. I heard that your company get at least 200 applicants a day. I think more and more people want to work in this amazing company.
Perusahaan Anda adalah salah satu perusahaan yang terbesar di Indonesia. Bisa dua kali lipat pendapatan tahun lalu. Saya mendengar bahwa perusahaan Anda mendapatkan setidaknya 200 pelamar per hari Saya pikir semakin banyak orang ingin bekerja di perusahaan yang menakjubkan ini.

4. Why Do You Want To Work At Our Company? (Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami)
It would bean privilege for me to work in your esteemed organization. When I read about your company, I found that my skills and qualities are matching with the companies requirements. As a fresher I am looking for a platform which will enhance my passion for continuous learning. If given an opportunity, I will create value for your company through my knowledge, hard work, and persistence. 1 will try to give by best.
Ini akan menjadi kehormatan bagi saya untuk bekerja di organisasi Anda yang terhormat. Ketika saya membaca tentang perusahaan Anda, saya menemukan bahwa keterampilan dan kualitas saya sesuai dengan persyaratan perusahaan. Sebagai lulusan baru Saya mencari platform yang akan meningkatkan semangat saya untuk terus belajar. Jika diberi kesempatan, saya akan menciptakan nilai yang balk bagi perusahaan Anda melalui pengetahuan saya, kerja keras, dan ketekunan. Saya akan mencoba untuk memberikan yang terbaik.
5. Why Did You Leave Your Previous Job? (Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya?)
Seorang interviewer ingin mengetahui mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir dan memilih bergabung bersama mereka. Dalam hal ini, jelaskan bahwa Anda terlalu hebat untuk terus berada di perusahaan sebelumnya dan kemudian menganggap bahwa perusahaan yang baru mempunyai prospek yang sangat cerah. Yakinkan interviewer bahwa perusahaan merekalah yang terbaik.
Contoh jawaban terbaik :       
I dream big and your company is the solution for me. When I was a leader in educational institute Of private teacher, I think that place was not my own. I have to be bigger and smarter. So, I left my position as a leader and decided to join your company. Here, I can reach the higher personal branding, the wider market, and the great experiences of my work.
Saya memiliki mimpi besar, dan perusahaan Anda adalah solusi bagi saya. Ketika saya menjadi seorang pemimpin di lembaga pendidikan guru swasta, saya berpikir bahwa tempat itu kurang cocok dengan diri saya. Saya harus Iebih besar dan Iebih pintar. Jadi, saya meninggalkan posisi saya sebagai pemimpin dan memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Di sini, saya bisa mencapai branding yang Iebih tinggi, pasar yang Iebih luas, dan pengalaman besar dalam pekerjaan.
6. What Experience Do You Have In This Field ? (Pengalaman apa yang Anda miliki dalam bidang ini)?
 Bicaralah tentang hal spesifik yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Jika Anda tidak memiliki pengalaman tertentu, carilah jawaban yang setidaknya dapat menjadi pertimbangan pihak pewawancara. Berdasarkan informasi yang anda peroleh, cari hubungan yang paling pas antara pengalaman anda dan perusahaan bersangkutan.
Tips aman : Agar jawaban tidak melebar tak berujung, mintalah kepada si pewawancara untuk lebih spesifik dengan pertanyaannya, “Maksud Bapak/Ibu secara menyeluruh atau bidang tertentu yang menarik minat Bapak/Ibu?”. Cara lain yang dapat ditempuh adalah langsung mencoba menangkap bahasa tubuh dari si pewawancara untuk kemudian mengutarakan jawaban anda, “saya pernah magang sebagai drafter 3D Autucad pada saat Kerja Praktek di PT. Pembangunan Perumahan (PT.PP), sehingga menurut saya hal tersebut akan sangat membantu saya dalam bekerja sebagai arsitek di perusahaan bapak/ibu.”

kata bijak inggris indonesia bernuansa islami


bBerikut ini saya hadirkan kata - kata bijak berbahasa inggris yang sudah di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia, supaya lebih mudah di pahami.kata - kata bijak ini bernuasa islami. semoga lebih  senang dalam belajar bahasa inggris .
“Beware of three people: a traitor, the perpetrators of the tyrants, and the complainant of the sheep. For a man who defected for the sake of yourselves, it will deprive with you and one who does as evil for the sake of you, he will do as evil against you. Also pitting for the sake of you, he will do the same thing against him. “

“Waspadalah terhadap tiga orang: pengkhianat, pelaku zalim, dan pengadu domba. Sebab, seorang yang berkhianat demi dirimu, ia akan berkhianat terhadapmu dan seorang yang berbuat zalim demi dirimu, ia akan berbuat zalim terhadapmu. Juga seorang yang mengadu domba demi dirimu, ia pun akan melakukan hal yang sama terhadapmu.”

‘ “Three-man is the source of human goodness: that prioritizes silent (not saying much), a man who does not undertake the human threat, and many berzikir to God.”
‘ “Tiga manusia adalah sumber kebaikan: manusia yang mengutamakan diam (tidak banyak bicara), manusia yang tidak melakukan ancaman, dan manusia yang banyak berzikir kepada Allah.”

‘ “The real peak of constancy is tawadhu ‘.” One asked the Imam, “are signs of tawadhu ‘ it?” He replied, “you should be thrilled on the Council who are not great you, greet the people you encounter, and leave the debate though thou above the truth.”

‘ “Sesungguhnya puncak keteguhan adalah tawadhu’.” Salah seorang bertanya kepada Imam, “Apakah tanda-tanda tawadhu’ itu?” Beliau menjawab, “Hendaknya kau senang pada majlis yang tidak memuliakanmu, memberi salam kepada orang yang kau jumpai, dan meninggalkan perdebatan sekalipun engkau di atas kebenaran.”

‘ A man often came to Imam Ja’far, then he never came again. When the priest asked us the situation, someone responded with a snide tone, “he’s a well Digger.” Us priest responded, “there is a man of Substance in the sense his attitude, his honour there on his religion, his glory is on her laugh, and all human beings are equally as Bani Adam.”

Seorang laki-laki seringkali mendatangi Imam Ja’far as, kemudian dia tidak pernah lagi datang. Tatkala Imam as menanyakan keadaannya, seseorang menjawab dengan nada sinis, “Dia seorang penggali sumur.” Imam as membalasnya, “Hakekat seorang lelaki ada pada akal budinya, kehormatannya ada pada agamanya, kemuliannya ada pada ketakwaannya, dan semua manusia sama-sama sebagai Bani Adam.”

‘ “Take heed against oppressed, because his prayer will be lifted up to the sky.”

‘ “Hati-hatilah terhadap orang yang teraniaya, karena doanya akan terangkat sampai ke langit.”


‘ “Clerics is the belief of the Apostles. And when you discover they’ve believed in the ruler, then stare let them. “
‘ “Ulama adalah kepercayaan para rasul. Dan bila kau temukan mereka telah percaya pada penguasa, maka curigailah ketakwaan mereka.”

“Three things can trouble the tyrant, the ruler of life: a bad neighbor, and female pencarut. And the three things that will not be at peace in this world without it, namely, security, justice, and prosperity. “

“Tiga perkara dapat mengeruhkan kehidupan: penguasa zalim, tetangga yang buruk, dan perempuan pencarut. Dan tiga perkara yang tidak akan damai dunia ini tanpanya, yaitu keamanan, keadilan, dan kemakmuran.”

“I tell five things to you: (1) you were mistreated, do not do as evil, (2) if they are bettray you, thou shalt not treason, (3) If you are considered a liar, do not be angry, (4) If you are the praised, thou joyful, and (5) If you are insulted, control yourselves”.
“Kuwasiatkan lima hal kepadamu: (1) jika engkau dizalimi, jangan berbuat zalim, (2) jika mereka mengkhianatimu, janganlah engkau berkhianat, (3) jika engkau dianggap pembohong, janganlah marah, (4) jika engkau dipuji, janganlah gembira, dan (5) jika engkau dicela, kontrollah dirimu”.

“How could anyone who is covetous of the world will get it in the world. However, when he gets the world entirely, it will be for him and he ‘ Army being miserable because of it. And how could a hates the Affairs of the hereafter. However, he can achievethen and he was therefore happy life “.
“Alangkah mungkin orang yang tamak kepada dunia akan mendapatkannya di dunia. Akan tetapi, ketika ia mendapatkan seluruhnya, dunia itu akan menjadi bala’ baginya dan ia menjadi sengsara karenanya. Dan alangkah mungkin seorang membenci urusan akhirat. Akan tetapi, ia dapat menggapainya kemudian dan ia hidup bahagia karenanya”.

“There is no virtue such as jihad and jihad as opposed to lust”.
“Tiada keutamaan seperti jihad dan tiada jihad seperti menentang hawa nafsu”.

“Take good advice from people who pronounce it though he does not practice”.
“Ambillah nasihat baik dari orang yang mengucapkannya meskipun ia tidak mengamalkannya”.

Elliptical sentence


Elliptical Sentence adalah gabungan dua kalimat yang berbeda subyeknya tetapi predikatnya sama, dan digunakan untuk menghindari pengulangan kata. Tujuan dari dibentuknya kalimat elips yaitu untuk menyampaikan pernyataan secara sederhana dan sekaligus menghindari pengulangan unsur kalimat yang sama.

Kalimat elipsis terbagi menjadi dua, yaitu kalimat elipsis untuk kalimat gabungan setara yang menggunakan kata sambung “and” dan kalimat gabungan setara berlawaan yang menggunakan kata sambung “but“.
a. Kalimat elipsis dalam kalimat gabungan setara
Kalimat gabungan ini terbagi menjadi dua, yaitu kalimat gabungan setara positif dan kalimat setara negatif.

Rumus:
Subject 1 + Auxiliary + Verb + and + so + auxiliary + subject 2
Atau
Subject 1 + Auxiliary + Verb + and + Subject 2 + Auxiliary + too

 

Contoh Kalimat :

  • I will start working at the publishing company tomorrow. (Rina will start working at the publishing company tomorrow)
Kalimat gabungan
I will start working at the publishing company tomorrow, and so will Rina. Atau I Will start working at the publishing company tomorrow, and Rina will too.
Catatan:
Jika kalimat gabungan tersebut tidak menggunakan auxiliary, maka rumus yang digunakan adalah:
Subject 1 + Verb + and + so + do/does/did + Subject 2
Atau
Subject 1 + Verb + and + Subject 2 + d/does/did + too
Contoh Kalimat :
  •  My mother gave me beautiful clothes as my birthday present. (My auntgave me beautiful clothes as my birthday present)
Kalimat gabungan
My mother gave me beautiful clothes as my birthday present, and so did my aunt.
Atau
My mother gave me beautiful clothes as my birthday present, and my aunt did too.

b. Kalimat Elipsis dalam kalimat gabungan setara negatif
Rumus:
Subject 1 + auxiliary not + Verb + and + neither + auxiliary+Subject 2
Atau
Subject 1 + auxiliary not + Verb + and + Subject 2 + Auxiliary not +Either
Contoh:
I am not going to go shopping by myself.
My mother is not going to go shopping by herself.


Kalimat gabungan
1 am not going to go shopping by myself and neiter is my mother.
Atau
I am not going to go shopping by myself, and my mother is not either.
Rumus:
Subject 1 + don’t/doesn’t/didn’t + Verb + and + Neither + do/does/did/ + Subject
Atau
Subject 1 + don’t/doesn’t/didn’t + Verb + and + Subject 2 + don’t/doesn’t/didn’t + Either
Contoh Kalimat :
Sinta didn’t come to my birthday party.
Mike didn’t come to my birthday party

Kalimat gabungan
Sinta didn’t come to my birthday party, and neither did Mike
Atau
Sinta didn’t come to my birthday party, and Mike didn’t either.

c. Kalimat elipsis dalam kalimat gabungan setara berlawanan
Rumus:
Subject 1 + auxiliary + verb + but + subject 2 + auxiliary not + verb
Atau
Subject 1+ auxiliary’ not + verb + but + subject 2 + auxiliary + verb
Contoh:
Rini is working in the private company.
Sinta is not working in the private company.
Kalimat gabungan
Rini is working in the private company but Sinta is not.
Catatan:
Selain menggunakan kata “but”, kata “while” atau “whereas” juga digunakan dalam kalimat gabungan setara berlawanan.
Rumus
Subject 1 + verb + but/while/whereas + subject 2 + do/does/don’t/doesn’t/did/didn’t
Contoh:
My brother plays tennis every weekend.
My sister doesn’t play tennis every weekend.
Kalimat gabungan
My brother plays tennis every weekend whereas my sister doesn’t.

semoga bermanfaat