Kamis, 18 Desember 2014

Bahasa Indonesia Telah Diajarkan di 46 Negara Seluruh Dunia

Peneliti bahasa dari Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) Yani Paryono MPd menyatakan Bahasa Indonesia saat ini sudah diajarkan oleh 46 negara di kawasan Asia, Australia, Amerika, Afrika, Eropa, maupun Timur Tengah.
"Dari ke-46 negara itu, Bahasa Indonesia terbanyak diajarkan di Australia dan Jepang. Di Australia, Bahasa Indonesia merupakan bahasa asing keempat yang disejajarkan dengan Bahasa Mandarin, Prancis, Jepang, dan Belanda," katanya di Surabaya, Kamis.
Saat berbicara dalam Workshop Bahasa Indonesia Jurnalistik yang diadakan Perum LKBN Antara Biro Jawa Timur untuk menyambut HUT ke-77 itu, ia menjelaskan di Australia terdapat lebih dari 500 lembaga pendidikan yang mengajarkan Bahasa Indonesia.
"Kenyataan itu mengantarkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa dengan jumlah penutur terbesar ke-5 di dunia setelah Tiongkok, Inggris, India, dan Spanyol, karena itu media massa perlu melakukan pemartabatan Bahasa Indonesia di negeri sendiri," katanya.
Senada dengan itu, dosen Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Dr Suhartono mengatakan 1/8 dari Bahasa Indonesia masih ada kaitannya dengan Bahasa Inggris.
"Ada satu per delapan dari Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Inggris, untuk mengkaji Bahasa Indonesia agar seperti Bahasa Inggris diperlukan waktu 600 tahun atau 7-8 generasi lagi," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar