Minggu, 06 April 2014


Unyil Keliling Dunia: Uniknya Sajian Kuliner Thailand

Swadee Ka..Hmm, kali ini Unyil akan cerita tentang perjalanan Unyil Keliling Dunia di negara Thailand, Bila datang ke negara Gajah Putih ini tak cukup bila tidak mengunjungi dan menikmati kuliner unik disana.
Kuliner Unik Thailand
Apa saja yang wajib dikunjungi? Ini dia usulan dari Unyil.
Pertama, ada restoran dengan pelayan sebuah robot. Wuuih, langsung berpikir ya, gimana cara robot melayani tamu pembelinya?. Robot bernama Hajime lah yang jadi pelayannya. Dia bertugas sebagai pengantar makanan yang dipesan tamu melalui media layar sentuh. Wuuih..canggih juga ya! Robot Hajime merupakan Robot pertama dan satu-satunya yang bisa bertugas sebagai pelayan restoran di Thailand loh. Tiga robot hajime ditugaskan di tiga restoran daerah Bangkok dan Pattaya.
Kuliner Unik Thailand
Robot ini asli buatan Jepang, semua teknologinya diproduksi di Jepang. Tapi di Thailand, bersama para ilmuwan diinovasikan menjadi pelayan restoran. Wah wah..benar-benar memanfaatkan teknologi dan kesempatan dengan baik yaa..! Gak Cuma pandai menjadi pelayan, Robot hajime juga pandai menari dan menghibur para tamu yang sedang makan. Bener kan, selain kenyang, hati senang lihat aksi Robot Hajime.
Kuliner Unik Thailand
Kedua, keripik durian monthong. Thailand merupakan negara penghasil durian dengan mutu dan kualitas yang sangat baik. Begitu juga dengan inovasinya. Hayoo, siapa yang bilang keripik durian udah biasa? Hmm..keripik ini bahkan gak bisa kalian temui di Indonesia dengan mudah. Karena di Indonesia, durian masih sering dinikmati langsung tanpa diolah. Musim durian monthong di Thailand berada pada bulan Mei. Chantaburi lah daerah yang paling banyak menghasilkan durian Monthong. Di Thailand, keripik durian monthong mudah sekali ditemui. Bahkan, produknya sampai di ekspor ke Inggris, Arab Saudi, dan negara lainnya.
Kuliner Unik Thailand
Membuat keripik durian, harus menggunakan durian yang masih mentah. Eeiits, tetap ada syarat usianya, yaitu tiga hari menjelang usia matang. Dagingnya masih sangat mengkal, tapi rasa manis dan aromanya, sudah cukup kuat. Kalian tau gak? Monthong itu sebenarnya berasal dari Kalimantan. Tapi Thailand membudidayakan durian jenis itu secara massal, dan dikembangkan menjadi varietas unggul. Tentunya, dengan cara bercocok tanam yang tepat dan baik. Gak heran, monthong terbaik lebih dikenal berasal dari Thailand.
Kuliner Unik Thailand
Belajar membuat langsung keripik durian di Thailand, bikin Unyil tambah pengetahuan. Satu lagi, menikmati keripik durian monthong langsung di negara penghasilnya bikin perut kenyang, hatipun senang bisa sambil jalan-jalan. Hehe…
Dan kuliner unik terakhir yang sempat unyil kunjungi, yaitu Ka Tron. Mau tau? Ka Tron itu adalah satu-satunya restoran yang punya menu unik dengan cara penyajian yang unik juga. Flying Chicken!
Kuliner Unik Thailand
Flying Chicken nama untuk menu ayam terbang. Ups, bukan berarti ayamnya disantap hidup-hidup lalu bisa terbang juga yaa. Ayam goreng dengan bumbu rahasia, selanjutnya akan dilempar tangkap. Dengan meletakkan tiap ekor ayam goreng di mangkok berbahan metal, dan menekan tuas pada alat, ayam akan otomatis lompat dan terbang. Tapi dengan segera, pelayan tangkap akan menangkapnya langsung. Ada yang berbeda, aksi menangkap dilakukan dengan mengendarai satu roda. Dengan alat yang diletakkan di mulut, tangan, dan helm di kepala, ayam goreng akan tertusuk dan tertangkap jika pas arahnya. Wuiih, harus pintar-pintar jaga keseimbangan tuh!
Kuliner Unik Thailand
Harga satu ayam goreng hanya 140 bath, atau sekitar 56 ribu rupiah. Hebatnya, restoran ini sudah pernah dipublikasikan oleh lebih 200 media di berbagai negara. Gak heran kalau sudah terkenal sampai kemana-mana. Menikmati menu ini di restoran yang buka mulai malam hari, semakin meriah dengan menyaksikan langsung aksi akrobatik pelayan tangkap, bikin kita kenyang, dan juga terhibur pastinya.(Nana Shihab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar