Minggu, 24 Mei 2015

keterampilan menulis





1.Perhatikan  scenario soal berikut ini!

Pak Narto mengajar di kelas 6 di sebuah SD di kabupaten Wonosobo. Saat itu ia harus mengikuti  kegiatan pelatihan menulis kreatif hasil kerja sama Dinas Pendidikan setempat  dengan sebuah media cetak local di Jawa Tengah. Saat pelatihan, narasumber menjelaskan bahwa untuk menulis diperlukan latihan secara terus-menerus. Saat berlatih membuat tulisan, ia selalu merasa apa yang ditulisnya tidak runtut. Hasil tulisan tersebut belum informative padahal ia sudah menyusun kerangka tulisan yang telah dinyatakan layak oleh narasumber. Karena kondisi yang demikian ia mencoba kembali dan ia berkonsultasi terlebih dahulu ditahap penulisan sesuai kerangka yang dirancang.

Pertanyaan

Apakah konsentrasi Pak Narto yang tertuju pada penyusunan pengembangan kerangka tulisan dapat dibenarkan? Jelaskan jawaban anda dengan mengaitkannya dengan menulis sebagai proses, yakni tahap-tahap penulisan lainnya.

2. Perhatikan scenario soal berikut ini !

Berikut ini ditampilkan penggalan paragraph yang tidak runtut dan jika diurutkan kembali akan menjadi padu dan komprehensif. Setiap kalimat dan paragraph tersebut juga mengandung satu kesalahan ejaan dan tanda baca. Untuk lebih jelasnya simak paragraph berikut.
1.        Ketua Asosiasi Galeri Seni Rupa Indonesia dan pemilik Edwin’s Gallery, Edwin Raharjo, menyayangkan adanya pamer ulang banyak karya-karya dalam ajang ini.
2.       Namun, repetisi itu tentu memengaruhi citra Bazar Art Jakarta 2011 dimata dunia seni rupa Internasional.
3.       Memamerkan ulang sebuah karya dalam tempo yang saling berdekat-dekatan tidaklah salah.
4.       Bazaar Art yang lebih cair dan rileks adalah merupakan alternative terhadap biennale yang ketat dan ‘angker’.
5.       Bazaar Art Jakarta seharusnya tidak sekedar menjadi pasar transaksi karya seni Rupa Indonesia, tetapi juga menjadi panggung wacana seni rupa.

Pertanyaan

a.       Urutkan paragraph dalam soal hingga menjadi paragraph yang padu dan komprehensif. Ketika mengurutkan Anda cukup menuliskan nomor saja dan tidak perlu menyalin kembali seluruh kalimat yang ada!
b.      Dalam setiap kalimat, terdapat 1 kesalahan yang disebabkan kesalahan penggunaan kalimat efektif atau karena kesalahan ejaan/tanda baca, silahkan Anda temukan bagian yang salah dan tulis pula pembetulannya!

3. Perhatikan ilustrasi soal berikut ini !

Anda diumpamakan menjadi seorang Guru di SD Negeri Iser 5, kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Suatu ketika Anda diminta Kepala Sekolah membuat draf surat tugas untuk salah seorang guru bernama Ida Rausah, S.Pd, SD. Yang akan mengikuti penataran inovasi pembelajaran berbasis SETS di aula Dinas Pendidikan setempat. Draf surat tugas tersebut juga harus menerangkan bahwa Ida Rausah, Sp., SD. Yang dilahirkan di pekalongan, 22 Januari 1979, yang ber-NIP 19790122 199903 2 003 dan memiliki pangkat Penata Muda dengan golongan IIIa telah mengajar selama 6 tahun. Surat tersebut dibuat pada tanggal 1 Agustus 2011. Kepala sekolah yang menandatangani adalah Munadi, S.Pd, SD., NIP 19570312 198703 1 001.

Pertanyaan

Buatlah draf surat tugas tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat tugas yang benar. Seluruh isi surat, nama, identitas, dan lain-lain harus mengacu pada ilustrasi soal.

4. Perhatikan perintah soal berikut ini!

Buatlah wacana sederhana (sekitar 300 kata) dengan ketentuan sebagai berikut.
1). Topic/tema yang harus Anda kembangkan adalah Keruetan Jalan Raya di Pagi Hari, atau acara Tahun Baru, atau perlombaan dalam Rangka Ulang Tahun Kemerdekaan (pilih salah satu).
2). Judul tulisan Anda bebas tetapi harus merujuk pada topic/tema yang dipilih.
3. tulisan yang Anda kembangkan harus runtut, padu, komprehensif, dan berjenis deskripsi.
4). Anda pun harus memerhatikan kaidah penggunaan ejaan yang disempurnakan serta penggunaan tanda baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar