Kamis, 19 Oktober 2017

SEDERET FAKTA UNIK TENTANG TIBET


semestafakta-tibet flag
1. Nama untuk daratan Tibet adalah “Bod” yang berarti “Tibet” atau “Dataran Tinggi Tibet” meski pada mulanya berarti wilayah pusat sekitar Lhasa, yang sekarang dikenal dalam bahasa Tibet sebagai Ü
semestafakta-tibet map
2. Menurut Matthew Kapstein: dari perspektif linguistik sejarah, bahasa Tibet lebih mirip dengan bahasa Birma diantara bahasa-bahasa utama di Asia.
3. Menurut bukti arkeologis, dataran tinggi Tibet telah dihuni manusia sekitar 21.000 tahun yang lalu. Namun, pada tahun 3000 SM imigran Neolitik dari China utara merebut wilayah tersebut.
4. Sopngtsan Gampo yang menyatukan wilayah lembah sungai Yarlung dan mendirikan kekaisaran Tibet.
semestafakta-Sopngtsan Gampo
5. Tibet adalah wilayah tertinggi di bumi, dengan rata-rata ketinggian mencapai 16.000 kaki.
6. Hewan terkenal di Tibet adalah Yak untuk jantan (semacam sapi khas Tibet) dan dri (betina) yang mampu membawa beban 50 kg dengan perjalanan 5000 meter dengan suhu -30° C. hewan ini digunakan untuk membajak tanah, diambil daging, susu, dan kulitnya.
semestafakta-yaks
7. Banyak etnis yang mendiami Tibet, diantaranya adalah Monpas, Qiang, dan Lhobas dan sekarang juga ada etnis Han dan Hui.
semestafakta-qiang etnic
8. Bagian besar Tibet barat dan Tibet pusat (U-Tsang) disatukan di bawah pemerintahan Tibet di Lhasa, Shigatse atau lokasi-lokasi yang berdekatan.
9. Garis batas Tibet sekarang telah ada sejak abad ke-18. Setelah jatuhnya dinasti Qing pada tahun 1912, tentara Qing dilucuti senjatanya dan digiring keluar dari wilayah Tibet (U-Tsang)
semestafakta-qing dynasty
10. Wilayah tersebut tetap bertahan sampai tahun 1951, ketika Tibet diasimilasi ke dalam Warga Negara Republik China (People’s Republic of China/PRC) dan pemerintah Tibet sebelumnya dilarang pada tahun 1959.
11. Sekarang PRC memerintah Tibet barat dan pusat sebagai wilayah otonomi Tibet sedangkan wilayah bagian timur sebagian besar masuk dalam propinsi Sichuan dan Qinghai.
12. Agama rang Tibet disebut dengan agama BUN sebelum masuknya agama Buddha
13. Rumah tradisional Tibet dicat dengan tiga warna: putih, cokelat, dan biru. Masing-masing mempunyai makna, putih menyimbulkan kecerdasan; cokelat keberanian dan keteguhan hati, dan biru adalah belas kasih.

13. Tsemba adalah makanan tradisional penduduk Tibet, yang terbuat dari gandum dan air.
semestafakta-tsampa
14. Mayoritas penduduk Tibet adalah vegetarian, yaitu “jangan makan daging” terutama pada hari Rabu
15. Penduduk asli Tibet sangat percaya bahwa mereka harus menolong orang lain jika tidak bisa menolong orang lain mereka tidak boleh membuat orang lain rugi. Mereka percaya bahwa musuh sejati daam hidup adalah egoisme dan tidak peduli terhadap sesama.
16. Meski mendapat julukan “Daratan Salju”, tetapi sebenarnya salju hanya turun satu kali dalam dua tahun
17. Istana Potala dibangun di Gunung Marpori (Gunung Merah) di Lasha. Istana ini mempunyai 1000 kamar dan 200.000 patung Buddha
semestafakta-potala palace
18. Di Tibet ada praktik poliandri, dimana banyak laki-laki menikahi seorang wanita
19. Di Tibet, jika kamu melihat anjing duduk di ambang pintu rumahmu berarti menandakan keberuntungan. Bisnis pada hari itu akan menguntungkan.
20. Menurut laporan Freedom in the World tahun 2013, Tibet adalah salah satu dari sepuluh negara yang paling banyak mengalami penindasan.
21. Sejak menduduki Tibet pada tahun 1950, China telah membunuh 1 juta warga Tibet.
22. Ada 100 negara memperoleh kemerdekaannya pada waktu Tibet mengalami pendudukan
23. Dengan mengontrol Tibet berarti China bisa mengontrol dunia, karena 47% dari populasi dunia tergantung pada air bersih dari Tibet
24. Di Tibet sekarang tidak ada kebebasan berbicara, agama, atau media masa dan protes terus berlanjut.
25. Di bawah pemerintahan Komunis, 99% kebiaraan mengalami penutupan
26. Dalai Lama, pemimpin politik dan spiritual Tibet melarikan diri ke India pada tahun 1959. Dia sekarang tinggal bersama lebih dari 100.000 pengungsi Tibet dan pemerintahannya dalam pengasingan.
semestafakta-dalai lama
27. Kebanyakan orang Tibet tidak akan menguburkan mayat orang yang meninggal atau mengkremasikan. Mereka meninggalkan mayat begitu saja sampai burung bangkai menghabiskannya
28. Sudah menjadi tradisi ketika seseorang meninggal dunia yaitu mengecat tangga dengan warna putih di lereng gunung dengan maksud agar arwah tersebut bisa sampai ke surga.
29. Sekte Buddha, Guy Lipa adalah yang paling terkenal di Tibet dan pemimpin agamanya bisa ditandai dengan topinya yang berwarna kuning.
semestafakta-Guylipa sect of the Buddhist
30. Orang Tibet banyak menggunakan nama belakangnya dengan nama buddha.
31. Di biara, ketika para biksu sedang mengadakan sesi debat tentang ajaran Buddha, jika seorang biksu menepukkan kedua tangan dengan gerakan keras dengan menggerakkan seluruh tubuhnya berarti menandakan dia tidak setuju dan dia akan memprotes.
32. Ketika anak di bawah usia sepuluh tahun atau bukan orang Buddha mengunjungi wihara Buddha, dan karea dia belum banyak mengerti, maka mereka akan memperoleh pemberkatan khusus berupa tanda hitam di hidungnya.
33. Kamu akan memperoleh selendang sutera sebagai hadiah penyambutan ketika kamu sampai di bandara Tibet.
34. Tutuchanay adalah ucapan terima kasih orang Tibet.
35. Jendela rumah tradisional Tibet dibingkai dengan cat hitam tebal yang bertujuan untuk menahan panas.
semestafakta-tibetan house
36. Buah persembahan tradisionalnya adalah buah persik.
semestafakta-peach
37. Simbol yang berupa gambar geometri tak terhingga adalah menunjukkan kebersamaan antara kedamaian dan keselarasan atau harmoni. Roda kehidupan dengan enam tangga manusianya, dewa-dewa surga sampai dewa neraka. Yinyang adalah untuk perlindungan dan swastika adalah sebagai tanda agama Buddha.
semestafakta-wheel og life
38. Untuk menyambut dan menghormati tamu orang Tibet akan mengalungkan selendang di leher tamu tersebut yang disebut dengan “Kata” yang berwarna putih atau kuning
39. Anjing termahal di dunia adalah anjing Tibet yang dikenal dengan anjing Mastiff, yang harganya mencapai 1,5 juta dollar
semestafakta-Tibetan Mastiff
40. Tea Tibet adalah perusahaan the non profit yang didirikan untuk kepentingan Tibet. Yang terbuat dari bahan-bahan terbaik dari kaki gunung Himalaya.
semestafakta-tea tibet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar